Home Mitra Polisi Jadikan motto sebagai nafas, seluruh komponen terlibat saling bahu-membahu bantu Polres Kotamobagu...

Jadikan motto sebagai nafas, seluruh komponen terlibat saling bahu-membahu bantu Polres Kotamobagu lalui musibah.

1204
0
SHARE

Humas Polres Kotamobagu “Motobatu kita komintan molukad kon keamanan bo kesehatan Kotamobagu” (Bersatu kita bersama menjaga keamanan dan kesehatan Kotamobagu).

Untaian kalimat biasa dan sekilas terbaca sederhana namun dibalut dengan kearifan lokal bahasa Bolaang Mongondow membuat motto yang dicetus bersama oleh Mantan Kapolres Kotamobagu AKBP Prasetya Sejati, SIK, Ketua DPRD Kota Kotamobagu Meydi Makalalag, SE dan Wakil Walikota Nayodo Koerniawan, SH ini semakin syarat dengan makna.

Hal ini pula yang dengan kompak terlihat di jajaran Forkopimda Kota Kotamobagu atas adanya musibah kebakaran yang meluluh-lantahkan Mako Polres Kotamobagu, kalimat awal “Motobatu” yang berarti “Bersatu” langsung tercermin bak satu jiwa yang ikut merasakan sakit ketika ada satu bagian tubuh yang terluka hingga pada akhirnya bahu-membahu membasuh dan mengobati bersama-sama.

Digagas Walikota Kotamobagu Ir. Tatong Bara dan jajarannya dengan melibatkan seluruh Forkopimda hingga seantero Bolaang Mongondow raya bersatu-padu langsung mempersiapkan gedung Ex-Kampus UDK untuk di jadikan Polres Kotamobagu sementara.

Kapolda Sulut dan Kapolres Kotamobagu turun langsung melaksanakan kerja bakti

Bahkan Kapolda Sulawesi utara Irjen Pol Drs. Mulyatno, SH. MM dan PJU Polda Sulut ikut terlibat langsung dalam persiapan dan penataan semata-mata agar pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan seperti adanya.

Sejarah perumusan motto Polres Kotamobagu.

Awalnya Kapolres Kotamobagu kala itu dijabat AKBP Prasetya Sejati, SIK menduplikasi slogan Polda Sulut “Working together for a safer Sulut” (Bekerja sama untuk menjadikan Sulut lebih aman) dan dikemas dengan kearifan lokal Bolaang Mongondow “Mogaid kita komintan molukad kon keamanan Kotamobagu” (Bekerja bersama menjaga keamanan Kotamobagu).

Dukungan seluruh Forkopimda dan masyarakat untuk gedung sementara Polres.

Hingga akhirnya atas usulan dari Ketua DPRD Kota Kotamobagu Meydi Makalalag, SE dan Wakil Walikota Nayodo Koerniawan, SH kata “Mogaid” diganti menjadi “Motobatu” dan terumuskanlah kalimat MOTOBATU KITA KOMINTAN MOLUKAD KON KEAMANAN KOTAMOBAGU.

Baca juga  Turut meriahkan Milad Ke-III LBI, bersama Polres Kotamobagu gelar vaksinasi & donor darah.

Pada pertengahan tahun 2020 wabah pandemi Covid-19 semakin menjadi di Kota Kotamobagu, tabuhan genderang perang untuk menekan angka penderita Covid-19 agar tidak semakin bertambah, seluruh stakeholder di lintas sektoral pun ikut terlibat hingga Polres Kotamobagu yang wilayah hukumnya meliputi Kota Kotamobagu dan 4 Kecamatan di Kab. Bolmong, memerangi Covid-19 menjadi prioritas utama, sehingga oleh AKBP Prasetya Sejati, SIK motto tersebut di sempurnakan dengan penambahan kata “bo kesehatan” (dan kesehatan).

Hingga kini, motto Polres Kotamobagu MOTOBATU KITA KOMINTAN MOLUKAD KON KEAMANAN BO KESEHATAN KOTAMOBAGU jadi nafas bagi seluruh jajaran Polres Kotamobagu yang akan terus di aplikasikan dalam tugas dan pelayanan kepada masyarakat. (Rizky)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here