Home Polisi Kita Polda Sulut Kembali Membuka Rekrutmen Bintara Polri Proaktif Tahun T.A. 2022

Polda Sulut Kembali Membuka Rekrutmen Bintara Polri Proaktif Tahun T.A. 2022

1492
0
SHARE

HUMAS POLRES KOTAMOBAGU – Kepolisian Republik Indonesia melalui Polda Sulut Kembali membuka kesempatan bagi pemuda pemudi terbaik Indonesia untuk mengikuti seleksi Bintara Polri Proaktif T.A. 2022. Dalam rekrutmen ini terdapat tiga kategori, yakni affirmative action, talent scouting dan penghargaan.

Kategori affirmative action adalah kebijakan yang diberikan secara khusus kepada golongan tertentu secara proporsional bagi putra-putri dari berbagai daerah terpencil di Indonesia meliputi wilayah suku pedalaman seperti di hutan, gunung, perairan pesisir, dan pulau-pulau kecil terluar atau perbatasan.

Sedangkan talent scouting adalah pencarian bakat calon anggota Polri yang memiliki bakat khusus, minat, dan potensi khusus yang dibutuhkan oleh Polri dari prestasi akademik dan non-akademik.

Prestasi akademik meliputi juara olimpiade sains tingkat kabupaten, provinsi atau nasional. Prestasi non-akademik diantaranya juara bidang olahraga tingkat provinsi, nasional dan internasional serta juara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ). Selain itu, termasuk diantaranya hafidz Quran dan memahami tafsir Quran dan Paskibraka tingkat nasional.

Sedangkan kategori penghargaan diberikan kepada anak kandung anggota Polri yang gugur, tewas, atau cacat dalam melaksanakan tugas yang dibuktikan dengan keputusan Kapolri dan memiliki tanda kehormatan.

Kasi Humas Polres Kotamobagu IPTU I Dewa Gede Dwiadyana mengatakan bahwa persyaratan mengikuti seleksi ini sama halnya seperti seleksi-seleksi pada umumnya yakni Warga negara Indonesia, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Setia kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, pendidikan paling rendah SMU/Sederajat, usia minimal 18 tahun pada saat dilantik sebagai anggota Polri, sehat jasmani dan rohani, tidak pernah dipidana, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela.

“Hanya yang membedakan yakni tiga kategori yang disyaratkan yaitu affirmative action, talent scouting, dan penghargaan.” Jelas Kasi Humas.

Baca juga  Bina Generasi Muda & cegah tawuran, sejumlah pejabat Polres Kotamobagu jadi pembina upacara di Sekolah

Lebih lanjut IPTU Dewa menjelaskan bahwa pendaftaran dibuka mulai tanggal 26 September sampai dengan 16 Oktober 2022. Bagi yang berminat dan memenuhi syarat bisa mendaftarkan diri di Biro SDM Polda Sulut.

Kasi Humas juga menambahkan bahwa dalam rekrutmen Bintara Polri proaktif ini dilaksanakan secara bersih, transparan dan akuntabel serta tidak dipungut biaya (gratis). Rizky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here