Home Bencana Alam Menghadapi Cuaca Ekstrem, Kapolres Kotamobagu Himbau Masyarakat Tetap Waspada

Menghadapi Cuaca Ekstrem, Kapolres Kotamobagu Himbau Masyarakat Tetap Waspada

726
0
SHARE

HUMAS POLRES KOTAMOBAGUSelasa (11/07/2023), Dalam menghadapi cuaca hujan deras yang melanda wilayah Kotamobagu dan BMR Pada umumnya, Kapolres Kotamobagu AKBP Dasveri Abdi SIK mengeluarkan himbauan kepada masyarakat agar tetap waspada dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat.

Himbauan ini diberikan guna menjaga keselamatan dan keamanan seluruh warga Kotamobagu di tengah kondisi cuaca yang tidak menentu.

Himbauan pertama yang disampaikan oleh Kapolres adalah pentingnya untuk selalu memantau perkembangan cuaca melalui sumber informasi yang terpercaya. Dalam situasi cuaca ekstrem seperti saat ini, memperoleh informasi yang akurat dan terkini sangatlah penting agar dapat mengambil tindakan yang tepat dan segera.

Selanjutnya, masyarakat diminta untuk memperhatikan peringatan dini terkait hujan deras, angin kencang, dan tanah longsor. Hal ini bertujuan untuk memberikan waktu yang cukup bagi masyarakat untuk melakukan evakuasi atau mengambil langkah-langkah pengamanan diri dan harta benda sebelum cuaca semakin buruk.

Selain itu, Kapolres juga mengimbau agar seluruh warga Kotamobagu memastikan saluran air di sekitar rumah atau bangunan dalam kondisi baik dan tidak tersumbat. Dengan menjaga kebersihan saluran air, dapat mencegah terjadinya banjir di sekitar rumah yang bisa membahayakan keselamatan warga.

Hindari daerah dengan risiko banjir seperti sungai, sungai kecil, atau daerah aliran sungai, merupakan himbauan selanjutnya yang disampaikan oleh Kapolres Kotamobagu. Karena risiko banjir dapat meningkat dengan cuaca ekstrem, penting bagi masyarakat untuk menghindari daerah-daerah yang rawan banjir demi menjaga keselamatan pribadi dan keluarga.

Kapolres juga menekankan pentingnya untuk tidak berkendara atau berjalan kaki melalui jalur yang berpotensi terendam banjir. Meskipun terlihat dangkal, genangan air dapat menyebabkan terjebaknya kendaraan atau orang yang melintas, sehingga berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Baca juga  Kebakaran Lorong Osion, Polres Kotamobagu sigap terjunkan personil laksanakan TPTKP

Terakhir, Kapolres memperingatkan masyarakat untuk tidak mendekati tiang listrik, kabel, atau peralatan listrik saat hujan deras. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko tersengat listrik yang dapat mengancam keselamatan nyawa. Selama cuaca ekstrem, lebih baik menjauh dari sumber listrik yang berpotensi menjadi bahaya.

Kapolres Kotamobagu berharap dengan mengikuti himbauan ini, masyarakat dapat menjaga keselamatan dan keamanan diri saat menghadapi cuaca ekstrem. Ia juga mengimbau agar warga saling membantu dan menyampaikan informasi kepada aparat kepolisian atau instansi terkait jika ada kejadian darurat terkait cuaca ekstrem.

Dalam situasi cuaca yang tidak menentu ini, kerjasama dan kewaspadaan bersama sangatlah penting. Dengan tetap waspada dan mengikuti himbauan dari pihak berwenang, diharapkan warga Kotamobagu dapat menghadapi cuaca ekstrem dengan lebih aman dan terhindar dari bahaya. (Rizky)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here