Home Kamtibmas Maraknya knalpot bising, Penjualnya bisa dipenjara 5 tahun dan denda 2 Miliar

Maraknya knalpot bising, Penjualnya bisa dipenjara 5 tahun dan denda 2 Miliar

247
0
SHARE
Kesepakatan antara Sat Lantas dan para penjual Spare Part untuk tidak menjual Knalpot Bising

Humas Polres Kotamobagu – Maraknya knapot bising yang sering menggangu masyarakat di wilayah hukum Polres Kotamobagu sudah sangat meresahkan akhir-akhir ini, ada berbagai keluhan masyarakat mengemuka terkait tingkat kebisingan knalpot kendaraan yang melintas baik di jalan umum maupun di pemukiman.

Berbagai penindakan baik dalam bentuk tilang maupun pencopotan hingga pemusnahan knalpot racing yang bising tak jua memberi efek jera kepada segelintir orang yang gemar menggeber kendaraan berknalpot bising mereka hingga mengganggu ketenangan masyarakat.

Untuk menekan penggunaan knalpot bising yang sangat menggangu ketenteraman dan ketertiban masyarakat Kota Kotamobagu ini, Polres Kotamobagu mengeluarkan himbauan serta peringatan baik kepada pengguna maupun kepada pemilik toko spare part serta pemilik bengkel kendaraan bermotor untuk tidak menjual knalpot yang tidak sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Ada sanksi yang menanti bagi masyarakat yang tidak menaati himbauan ini yakni bagi penjual Knalpot Bising/Modifikasi termasuk melanggar pasal 8 ayat (1) UU No. 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen serta pasal 62 ayat (1) dengan ancaman penjara paling lama 5 (lima) tahun atau denda paling banyak 2 Miliar rupiah.

Adapun pemilik kendaraan yang menggunakan knalpot racing/bising tidak sesuai ketentuan, selain melanggar pasal 285 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dengan ancaman kurungan 1 bulan maupun denda Rp. 250.000, juga termasuk melanggar pasal 64 ayat (2) junto pasal 65 ayat (1-4) tentang Emisi gas buang dan kebisingan suara.

Kapolres Kotamobagu AKBP Prasetya Sejati, SIK melalui Kasubbag Humas Iptu Rusman M Saleh, SE menghimbau kepada masyarakat agar mematuhi himbauan tersebut. “Kali ini penindakan knalpot bising atau modifikasi tak hanya menyasar pemilik kendaraan, namun juga kepada penjual maupun pemilik bengkel yang tidak mengindahkan ketentuan hukum yang berlaku tetang penggunaan maupun penjualan Knalpot Bising. (MS-2002)

Baca juga  Jelang HUT RI Ke-75, Sat Lantas Polres Kotamobagu kembali melakukan kegiatan bagi-bagi masker gratis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here