Home Giat Ops 100 Personil Polres Kotamobagu Tertibkan Pertambangan Bakan Blok Tengkorak

100 Personil Polres Kotamobagu Tertibkan Pertambangan Bakan Blok Tengkorak

310
0
SHARE
Polres Kotamobagu laksanakan giat penertiban tambang Bakan

Humas Polres Kotamobagu – Meski sudah dilakukan penertiban dan penutupan tambang emas Bakan beberapa waktu lalu, nyatanya masih ada masyarakat yang nekat masuk ke dalam pertambangan Bakan yang nota bene sudah banyak memakan korban jiwa.

Kabag Ops Polres Kotamobagu menghimbau Penambang

Guna mengantisipasi adanya masyarakat yang nekat mencoba kembali masuk ke tambang bakan, sejumlah personil Polres Kotamobagu sekitar 100 personil kembali melaksanakan penertiban di tambang Bakan Blok Tengkorak pada Selasa (03/09/2019).

Personil Polres Kotamobagu di tambang blok “Tengkorak”

Dari hasil penertiban tersebut, personil mendapati masih adanya beberapa orang Penambang yang sedang beraktifitas di lokasi, terdiri dari Masyarakat Desa Pangian Kecamatan Passi Timur yang berprofesi sebagai Buruh Panggul (Kijang), dan sebagian besar Masyarakat Desa Bakan Kecamatan Lolayan yang sedang beraktifitas mengambil material (Rep).

Sejumlah masyarakat yang ditemukan beraktifitas di lokasi

Dari hasil interogasi Petugas dilapangan terhadap Masyarakat yang dijumpai di lokasi, diketahui alasan masih adanya aktifitas penambangan secara ilegal dan sembunyi-sembunyi walaupun sudah beberapa bulan lalu ditertibkan, karena tergiur dengan material yang masih ada hasilnya, serta tertarik dengan upah Buruh Panggul yang dibayar Rp. 3.000 sampai di bak penampungan.

Petugas mengumpulkan Masyarakat yang beraktifitas

Kabag Ops Polres Kotamobagu KOMPOL Freddy Wowor selaku Perwira pengendali pelaksanaan kegiatan tersebut dengan didampingi oleh Kasat Reskrim, Kasat Sabhara, serta Kapolsek Lolayan menjelaskan bahwa lokasi yang ditertibkan adalah lokasi “Tengkorak” yang akhir-akhir ini sudah mulai ramai didatangi masyarakat untuk melakukan penambangan, Petugas langsung mengamankan sebuah bak penampungan, menyegel 4 buah lubang tambang, dan beberapa peralatan tambang yang digunakan.

Sejumlah tenda Penambang dan bak penampungan material

“Operasi ini kembali dilaksanakan oleh Polres Kotamobagu, adalah sebagai upaya pencegahan agar tidak kembali menelan korban jiwa seperti yang sudah terjadi pada aktifitas penambangan sebelumnya”, Jelas Perwira Menengah yang akrab disapa Pak Wowor ini. (RM)

Baca juga  Hari ke-7 Ops Yustisi Polres Kotamobagu, masyarakat semakin disiplin taati protokol kesehatan 3M

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here